Biologi Kelas Aves Struktur Tubuh

Biologi Kelas Aves - Aves merupakan sebuah binatang atau hewan yang sangat unik sekali, hal tersebut dikarenakan seluruh bagian tubuh Aves ditutupi oleh bulu-bulu. Aves adalah hewan sejenis burung dengan empat jari yang terdapat pada kakinya berfungsi untuk berenang, bertengger, ataupun berjalan. Kakinya pun ditutupi oleh sisik epidermis atau sisik zat tanduk.

Biologi Kelas Aves

Susunan rangka tubuh aves terdiri dari banyak porus sehingga hewan ini sangat ringan dan mudah sekali untuk terbang dengan cepat. Tulang-tulang yang tedapat pada leher Aves sangat fleksibel di dukung dengan tulang dada yang melebar serta akan terlihat memiliki tonjolan sedikit. Sedangkan Pelvis pada hewan Aves terbuka ke arah depan yang sangat memudahkan untuk pengeluaran telur.

Untuk bagian dalam biologi kelas x Aves mempunyai organ Jantung yang terbagi menjadi empat, yaitu dua ruang ventrikel dan dua ruang atrium. Dan hewan ini hanyak mempunyai lengkung aorta kanan.

Biologi Kelas X Aves

Hewan Aves menggunakan paru-paru sebagai alat pernafasannya yang melekat pada tulang-tulang rusuk kemudian dihubungkan dengan kantung udara menggunakan selaput yang tipis. Pada bagian dasar dari trakea tedapat sebuah kantung suara yang dinamakan sirink.

Yang perlu anda ketahui dari pelajaran biologi kelas 10 Aves tidak memiliki organ kantung kemih atau vesica urinaria. Untuk hewan Aves yang betina hanya memiliki satu oviduk dan satu ovarium. Proses fertilasi selalu terjadi secara internal, dimana telur burung Aves mengandung kuning telur yang sangat besar dengan lapisan cangkang yang terbuat dari zat kapur. Sewaktu proses perkembangan embrio dalam telur, embiru mengkonsumsi zat chorion, allantois, amnion dan kantung kuning telur.

Biologi Kelas 10 Aves

Dengan keadaan lingkungan yang sering berubah-ubah, Aves diciptakan dengan sistem pengaturan suhu tubuh, sistem-sistem lainnya pun seperti sistem penglihatan, suara dan pendengaran sudah sangat berkembang pesat jika dibandingkan dengan Reptilia.

Burung jenis aves yang terbesar yaitu burung unta (ostrich) yang berasal dari Afrika dengan tinggi sekitar 2.1 meter dengan berat 150 KG. "Biologi Kelas"

Baca juga artikel tentang Biologi Kelas Aves lainnya:

0 comments:

Post a Comment