Biologi Kelas XI Glikogen

Biologi Kelas XI Glikogen - Glikogen merupakan sejenis karbohidrat dalam bentuk glukosa yang tersimpan di dalam otot ataupun organ hati pada hewan dan manusia, Glikogen sering disebut juga sebagai gula otot. Glikogen yang terdapat di dalam hati setiap saat dapat diubah menjadi glukosa ketika tubuh memerlukan tambahan energi.

Biologi Kelas XI Glikogen

Karbohidrat yang telah diarbsorpsi dari usus, selanjutnya akan dialirkan melalui darah dalam bentuk glukosa dari vena ke hati. Selanjutnya kandungan glukosa tersebut akan diubah menjadi glikogen di dalam hati. Jika jumlah karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh sudah melebihi batas keperluan, maka glukosa yang tersisa akan di timbun di dalam otot dan hati.

Glikogen

Karbohidrat mempunyai beragam fungsi untuk organ tubuh yang tidak mungkin dapat digantikan oleh zat-zat lainnya seperti Lensa mata, jaringan saraf dan sel-sel otak dan juga zat ini sangat berperan penting untuk proses metabolisme tubuh, serta menjaga keseimbangan asam dan basa.

Biologi Kelas 10 Glikogen

Organ hati juga mempunyai fungsi  untuk mengatur kadar glukosa dalam darah. Jika kadar glukosa meningkat, maka hati akan mengubahnya menjadi glikogen sehingga kandungan glukosa dalam darah normal kembali. Begitupun sebaliknya, jika kadar glukosa menurun, makan hati akan mengubah glikogen menjadi glukosa untuk menormalkan kadar glukosa dalam darah.

Contoh Glikogen

Beberapa contoh makanan yang mengandung glikogen seperti rumput laut (alga) dan kerang. (Biologi Kelas)

Tags: Glikogen menjadi Glukosa, Glikogen Hati, Glikogen Sintase

0 comments:

Post a Comment