Biologi Kelas XII Kromosom

Biologi kelas XII kromosom - kromosom merupakan benang-benang halus yang terdapat di dalam inti sel dan terlihat jelas pada saat terjadi proses pembelahan. Jika di lihat secara mendetail melalui alat mikroskop, kromosom dibedakan atas dua bagian, yaitu lengan dan kepala. Badan kromosom dinamakan lengan dan kepala dari kromosom dinamakan sentromer yang merupakan tempat melekatnya lengan kromosom.

Kromosom

Yang perlu anda ketahui, di dalam kromosom terndapat subtansi atau faktor pembawa sifat keturunan yang tersusun atas berbagai senyawa kimia yang disebut dengan gen. Senyawa kimia inilah yang nantinya akan menentukan berbagai macam sifat-sifat suatu mahluk hidup seperti bentuk tubuh, warna kulit dan warna rambut.

Biologi Kromosom

Pada setiap inti sel suatu makhluk hidup pasti mempunyai dua jenis kromosom yang berbeda, kromosom kelamin (gonosom) dan kromosom tubuh (autosom)

Biologi Kelas XII Kromosom

Kromosom kelamin mempunyai fungsi sebagai penentu jenis kelamin pada sebuah sel. XX merupakan lambang untuk kromosom kelamin betina dan XY merupakan lambang untuk kromosom kelamin jantan. Sedangkan fungsi kromosom tubuh adalah untuk menentukan sifat-sifat turunan pada suatu organisme. (Biologi Kelas)

0 comments:

Post a Comment