Biologi Kelas X dan VII Komponen Ekosistem

Biologi Kelas X dan VII Komponen Ekosistem - Secara garis besar, ekosistem dibagi ke dalam dua komponen pokok yaitu komponen biotik (hidup) dan komponen Abiotik (tidak hidup).

Komponen Ekosistem

Komponen Ekosistem Biotik merupakan semua jenis makhluk hidup yang terdapat dalam jaringan ekosistem, komponen biotik ini meliputi; manusia, tumbuhan, hewan dan organisme lainnya. Pada setiap ekosistem makhluk hidup yang terdapat didalamnya mempunyai kedudukan tertentu, kedudukan inilah yang disebut nisia.

Biologi Kelas X Komponen Ekosistem

Berdasarkan peranan dan kedudukan makhluk hidup yang terdapat pada komponen ekosistem biotik, terbagi menjadi tiga:

- Komponen Ekosistem Produsen
Produsen merupakan jenis mahkluk hidup yang menghasilkan sebuah zat makanan yang diperlukan oleh organisme lain. Tugas memberikan makanan ini dilakukan oleh Tumbuhan, seperti contoh tumbuhan berklorofil pada ekosistem darat dan alga dan fitoplankton pada ekosistem perairan.

- Komponen Ekosistem Konsumen
Konsumen merupakan jenis mahkluk hidup yang tidak dapat membuat atau menciptakan makanan sendiri. Untuk mendapatkan kebutuhan akan makanan, Komponen ekosistem konsumen sangat bergantung pada organisme lainnya. Yang termasuk ke dalam kategori konsumen adalah manusia, hewan dan tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil.

- Komponen Ekosistem Pengurai
Makhluk hidup yang termasuk dalam kelompok komponen ekosistem pengurai seperti jamur saprofit dan bakteri. Tumbuhan atau hewan yang sudah mati kemudian akan diuraikan dan dibusukkan oleh kelompok pengurai. Zat zat penyusun yang terdapat pada tubuh tumbuhan dan hewan di uraikan ke dalam bentuk yang lebih sederhana sehingga kembali kelingkungan sebagai sumber zat hara yang digunakan oleh tumbuhan atau produsen untuk melakukan perkembangan.

Biologi Kelas 10 Komponen Ekosistem

Untuk Komponen Ekosistem Abiotik merupakan semua benda-benda tidak hidup yang terdapat di dalam suatu ekosistem. Setiap makhluk hidup mempunyai kebutuhan abiotik yang berbeda-beda, sehingga keberadaan komponen ini sangat berpengaruh terhadap jenis makhluk hidup yang mendiaminya.

Biologi Kelas VII Komponen Ekosistem

Beberapa contok komponen ekosistem abiotik adalah air, kelembaban suhu, tanah, pH, udara, kadar garam dan intensitas cahaya. (Biologi Kelas)

Tags: Komponen Ekosistem, Komponen Biotik, Komponen Abiotik

0 comments:

Post a Comment