Biologi Kelas X Pengertian Ekosistem

Biologi Kelas X Pengertian Ekosistem - Ekosistem merupakan suatu sistem yang di bentuk atau dihasilkan dari adanya hubungan timbal balik diantara makhluk hidup dan lingkungannya. Dalam Pengertian Ekosistem lainnya adalah sebuah satu kesatuan tatanan antara seluruh komponen biotik dan abiotik yang saling mempengaruhi satu sama lainnya.

Biologi Kelas X Pengertian Ekosistem

Berdasarkan pengertian ekosistem diatas, menjelaskan bahwa suatu ekosistem terbentuk oleh dua faktor komponen biotik (hidup) dan komponen abiotik (tidak hidup) yang kesemuanya berinteraksi untuk membentuk suatu rantai kehidupan yang teratur.

Pengertian Ekosistem

Keteraturan yang terjadi diantara makhluk hidup di karenakan adanya arus energi dan materi yang terkendali dan saling berhubungan antara kedua komponen dalam suatu ekosistem. Selama komponen-komponen dalam sebuah ekosistem menjalankan fungsinya dengan baik dan teratur, tentunya ekosistem suatu makhluk hidup akan tetap terjaga.

Biologi Kelas 10 Pengertian Ekosistem

Di dalam pengertian Ekosistem ada yang dinamakan dengan rantai makanan dan jaring-jaring makanan. Rantai makanan adalah sebuah jalur makan dan dimakan dari makhluk hidup atau organisme pada suatu level trofik ke level trofik selanjutnya yang membentuk suatu urutan dan arah yang telah ditentukan. Sedangkan jaring-jaring makanan adalah sekumpulan dari suatu rantai makanan yang saling berhubungan satu sama lainnya. (Biologi Kelas)

Tags: Pengertian Ekosistem, Rantai Makanan, Jaring-Jaring Makanan, Komponen Biotik, Komponen Abiotik

0 comments:

Post a Comment