Biologi Kelas X Definisi Ekosistem

Biologi Kelas X Definisi Ekosistem - Ekosistem di definisikan sebagai suatu kelompok atau himpunan makhluk hidup oleh faktor-faktor biotik dan abiotik yang bertindak secara bersamaan pada suatu wilayah tertentu. Populasi biotik seperti hewan, tanaman dan bakteri, sedangkan polulasi abotik seperti air, matahari, tanah, es dan angin.

Definisi Ekosistem

Di dalam Definisi Ekosistem, setiap perubahan yang terjadi pada suatu rantai makanan, dapat menyebabkan perubahan pada seluruh sistem dan dapat berakibat pada hilangnya salah satu kelompok makhluk hidup. Semua ekosistem di dunia adalah membentuk biosfer.

Biologi Kelas X Definisi Ekosistem

Dasar dari suatu definisi ekosistem adalah fungsi produsen yang merupakan suatu organisme yang mampu melakukan proses fotosintesis atau kemosintesis. Dimana organisme tersebut dapat memproduksi dan mengumpulkan energi melalui proses biokimia dengan menggunakan bahan baku seperti air, karbon dioksida dan cahaya.

Biologi Kelas 10 Definisi Ekosistem

Di dalam sebuah ekosistem terdapat beberapa jenis konsumen yang bersama-sama membentuk sebuah rantai makanan, diantaranya:

- Konsumen Utama; mereka adalah hewan pemakan produsen atau herbivora. Konsumen ini seperti larve mikroskopis planktonik, jerapah dan gajah.
- Konsumen Sekunder; Mereka adalah hewan yang memakan herbivora, ini termasuk kategori pertama dari hewan karnivora.
- Konsumen Tersier; mereka adalah predator besar seperti hiu, orcas dan singa laut, namun populasi mereka rendah.
- Dekomposer; mereka diwakili oleh bakteri dan jamur dan merupakan rantai makanan terakhir sebagai penutup siklus. (Biologi Kelas)

Tags: Definisi Ekosistem, Istilah Ekosistem, Pengertian Ekosistem, Konsumen Ekosistem

0 comments:

Post a Comment